Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Pemakaman parigi, Ziarah Kubur dan Wisata Belanja - Teras Tenjo

Bersama Membangun Kabupaten Bogor

Berbasis Kearifan Lokal

#PolitikTanpaMahar

Pemakaman parigi, Ziarah Kubur dan Wisata Belanja

Pemakaman Parigi berlokasi di Kp.Cilejet RT.005/005 Desa Batok Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor.

Ziarah Parigi ini menjadi fenomena tersendiri, bagi kemeriahan yang berlangsung setiap tahunnya, hingga menjadi tradisi bagi masyarakat setempat, untuk melangsungkan kemeriahan, pada setiap hari raya idul fitri dan sehari setelahnya.

Agar acara dapat berjalan lancar, maka Paguyuban Saung Males Comunity (SMC)  Kp.Cilejet Rt.005/005 Desa Batok memelopori secara swadaya menyiapkan Lahan parkir, lapak untuk para Pedagang serta mengatur Lalu Lintas yang melintas dijalan tersebut.

Pemakaman Parigi menjadi magnet Ziarah Kubur dan Wisata Belanja, diawali dengan banyaknya Masyarakat yang datang dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Tenjo, dan Kecamatan Parungpanjang untuk Ziarah Kubur ke keluarga mereka yang dimakamkan di pemakaman tersebut.

Banyak pendatang, dimanfaatkan oleh para pedagang yang terdiri dari Pedagang pakaian, makanan dan sebagainya yang memenuhi sepanjang jalan Manunggal Desa Batok. Olehkarenanyalah tidak mengherankan jika hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk wisata dan belanja.

Foto : Istimewa
Sapto Satrio Mulyo : Kembali ke Kearifan Lokal

Sebuah pola kehidupan peninggalan Leluhur kita yang banyak dilupakan. Sejatinya, Kearifan Lokal tidak bertolak belakang dengan Modernisasi, tetapi justru sebagai rel atau pijakan kemana arah Bangsa ini akan berlabuh dengan Sehat

Tenjo yang ber-Kearifan Lokal, pasti lebih maju, Sejahtera Aman Tentram

Bogor Sehat (Sejahtera, Aman dan Tentram )